Kartini, Tak Seputih Intan, Tapi Semahal Berlian

Posted: 22009p+00:0004b+00:00Sel, 07 Apr 2009 01:08:29 +0000 28, 2008 in Uncategorized
Tag:, , , , , , , , , , , ,

Ya, inilah bulan April, menjelang tanggal 21 April, Hari Kartinipun segera dimulai, semangat untuk kaum wanita.

Postingan saya kali ini diilhami oleh sebuah kisah hebat dari salah satu Media Massa yang pernah saya saksikan. Sungguh teramat hebat bagi saya.

Kala itu, saya tak berniat untuk membaca secarik koran, sama sekali, tapi sejenak saya membaca satu judul dan terbersit dalam benak untuk membaca sekelumit bagian dari kata-kata itu.

Dia bernama Kartini (Hanya bagian nama karena saya juga sedikit lupa), ketika itu, kala berumur 5 tahun, Kartini kecil merasa sangat bangga karena ia dapat memiliki nama yang sangat bermakna, utamanya ketika ia telah mendengar prosa Kartini dari ibundanya.

4 tahun sudah ia beranjak tumbuh, walau dari keluarga tak mampu tapi ia tetap bertekad kuat dalam menggapai cita-citanya. Tak lama kemudian, sang ibu meninggal dan kala itu pula Kartini kecil diasuh oleh pamannya.

Waktu sudah berlalu lalang, Kartini itu telah menginjak umur 12 tahun dan petaka itupun mulai terjadi. Ya sungguh biadab, pamannya sendiri tega merenggut kegadisannya, tragis memang, apakah ini cerminan manusia sekarang, kupikir sebagian banyak adalah ya.

Tak berselang lama, Kartini yang masih duduk di bangku sekolah itupun minggat dari desanya dan merantau hingga sampai kota Jakarta. Beragam profesi dijalaninya dengan modal Ijazah SD hingga ia berusia dewasa hingga akhir, dia terjebak dalam lubang nista, ya itu adalah PSK. Kala itu ia juga memiliki seorang anak dari tingkah bejat sang paman, dalam benak, Kartini sungguh galau tapi ia tetap bertekad supaya anaknya kelak dapat berdiri tegap melawan kehidupan dengan secercah harapan bahwa ia pasti dapat menjadi seorang Kartini bagi orang lain.

Ketika kita bagian golongan atas, hal yang sangat mahalpun kita anggap sebagai bulir air yang tak berharga tapi ketika kita menghadapi bencana, sungguh itulah yang membuat semua Indah. Ingat kawanku, kehidupan adalah roda tak berujung, jangan engkau sesumbar dengan apa yang kau punyai sekarang karena hidup ada kalanya diatas dan ada kalanya dibawah.

SATU KATA
SATU RASA
KARTINI, KAULAH CAHAYA MASA

Komentar
  1. islamarket.net berkata:

    lha kartini gak nutup aurat, gue gak dukung!

  2. juliach berkata:

    Semoga negara dan bangsa kita semakin memperhatikan hak-hak kaum perempuan!

  3. HumorBendol berkata:

    Kalo Bendol neh…Pengennya di atas terus
    hehe…..
    Emang bisa milih?
    Sip Bro…
    Makasih pencerahannya…

  4. HumorBendol berkata:

    Awalnya tak kira nyeritain kisah Kartini sungguhan…
    Ternyata kisah yang tragis…..

  5. HumorBendol berkata:

    Sekali hetrik…tetep Hetrik
    hehe…
    Merdeka….
    Met Hari Kartini….
    (masih lama ya?)
    hehe….

  6. Rian Xavier berkata:

    prihatin juga baca ceritanya. Tapi semoga bisa menjadi yang terbaik buat tuh anak.

  7. gempur berkata:

    mudah-mudahan nasib perempuan indonesia tak seperti itu lagi.

  8. reallylife berkata:

    kadang kita lupa menghargai garis kehidupan yang kita punya

  9. 3mnnm8 berkata:

    humm… ikutan lomba ya? hahaha… kayaknya bakal seru nih lombanya..

  10. bluethunderheart berkata:

    hiduplah para kartini kartini di zaman sekarang
    salam hangat selalu
    salam persahabatan

  11. Semua Untukmu berkata:

    Bangkitlah Kartini masa sekarang…
    Semangat…

  12. advintro berkata:

    kacian ya…hiks, tapi hehe 21april udah dekat, pas!

  13. kezedot berkata:

    malam sahabat
    main ke tempat blue yang ini yah
    kezedot.wordpress.com
    salam hangat

  14. ghozt berkata:

    nyamar jadi cewek ah.. biar bisa ikut kontes kartinian… (gak penting banget) hehe

  15. rafki berkata:

    hehehehe 😀

    iya dong gw masih tetep eksis….

    gw gitu…..

  16. balladona berkata:

    Sekarang emansipasi khan agaknya sudah berjalan lah itu berkat KARTINI……She is a Hero

  17. ekos09 berkata:

    waduh apik e rek blog e ??
    ajarono po”o?

  18. bluethunderheart berkata:

    malam
    kapan ya kartini hitam biar blue ada temannya hehehhe………..
    salam hangat selalu

  19. m i a berkata:

    makasi buat kunjungan blognya, monggo mampir lagi yaaa hehe..
    no comment gung. hihi..

  20. kezedot berkata:

    malam sahabat
    pa cabar>

    semangat semangat
    salam hangat dalam dua musimnya blue

  21. kezedot berkata:

    malam sahabat
    pa cabar?
    salam hangat dalam persahabatan blue dan kezedot

  22. hendrakancut berkata:

    Wah enk yow paman’e. .
    Isok kawin karo kartini. Seng ayu. .

  23. musa berkata:

    Kemarin ada perayaan hari kartini bukanya pake pakian adat mlah pake pakaian gaul. Kata mereka yang penting perempuannya, bukan pakaiannya. Tapi aku g setuju!!!

  24. buJaNG berkata:

    Namun sayang saat ini banyak dari wanita yang salah mengartikan arti emansipasi dan kebangkitan wanita…..

  25. easy berkata:

    hueheuehehehe…
    semua laki2 fokus banget ya ngebahas kartini 😀

  26. yainal berkata:

    jadi inget kartono yang jadi dokter.. 🙂

  27. HumorBendol berkata:

    Nongol lagi…setelah 2 minggu hilang dari peredaran hehehe

  28. Ephieenz berkata:

    Apik gung, m0ga-m0ga menang gunk..
    0j0k lali coment blik k pnyaku n fero

  29. kezedot berkata:

    semangat semangat ya sahabat
    slam hangat dalam dimensinya blue

  30. Endy berkata:

    bknx berlian yg putih, intan yg mahal?????

  31. rifqicodot berkata:

    gung blogmu lumayan,,,,,,,,,,,,,,

    lumayan mbulet maksude………..

    REPLY>

  32. Original Pics berkata:

    moga emansipasinya gak kebablasen… sampe nitipin anak ama pembantu 😛

  33. hendrakancut berkata:

    woy…
    aku pisan melok lho…
    siap..siap kalah koen karo aku cung

  34. agungtheread berkata:

    cak………blog mu uuuuuuuuapikk bged lmayan….

    py jok slengekan……

  35. noerdin berkata:

    Gung gmn evaluasinya untuk acara kartinian kemaren sudah siiip ta gung????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s